Siapa sih yang yang tak ingin memiliki kehidupan yang lebih baik dari saat ini? Setiap orang pasti ingin memperbaiki kehidupannya : mencapai sesuatu, memulai hal yang baru, menemukan ketenangan. Sepanjang kehidupan kita, proses semacam ini akan terus berlanjut. Semua orang memiliki langkah berikut untuk diambil, dan setiap orang pasti memiliki kesulitan untuk menyelesaikannya. Pada dasarnya, kita semua menggunakan waktu untuk membuat alasan dan menghindari melangkah ke depan.

Berhenti di satu tempat memang benar-benar menyakitkan. Sebenarnya keinginanan untuk mengubah kebiasaan dan memperbaiki kehidupan seharusnya datang dari jiwa Anda. Saat Anda tidak bergerak untuk mencapai tujuan, Anda malah membatasi ungkapan jiwa Anda. Mengalami frustasi yang menumpuk dari waktu ke waktu karena tidak berfungsinya pola sabotase diri yang mewakili masalah tersebut. Berikut kami sampaikan panduan untuk menumbuhkan kesadaran sehingga Anda dapat bebas dan bergerak maju dalam kehidupan dengan lebih efektif.

  1. Singkirkan Rasa Takut Dipermalukan. Kebanyakan orang mengontrol diri lantaran merasa takut dipermalukan. Kita seringkali berpikir tentang apa yang dikatakan orang lain jika melihat kekurangan kita? Sebenarnya, dengan mengenali hal ini Anda dapat menemukan tempat sejati dari kontrol dalam diri Anda sendiri. Melihat keluar dari diri kita hanya untuk mendapat persetujuan, penerimaan dan cinta, merupakan jebakan ego belaka. Rasa takut dipermalukan oleh feedback luar sebenarnya hanya berdasar pada kebanggaan diri. Saat kita sudah tak lagi melihat diri kita dari kaca mata orang lain, saat kita tal lagi ingin semata-mata mendapat persetujuan dan penegasan, pada akhirnya kita akan dapat menemukan sumber sejati dari keberadaan kita. Penemuan inilah akan membawa kita ke tempat terdalam dari kejujuran dan kerendahan hati yang ada di dalam diri. Dengan cara ini kita dapat menenali jiwa sejati dari diri sendiri.
  2. Untuk Apa Anda Hidup? – Anda mungkin membayangkan banyak hal indah dalam kehidupan ini yang datang dalam waktu sekejap. Jika benar demikian, Anda hidup dalam dunia fantasi! Di planet ini, hasil datang dari perpaduan antara visi dan tindakan, yang dilakukan selangkah demi selangkah. Terlepas menunggu kesempatan yang sempurna, pertanyakan pada diri sendiri ‘Apa yang aku telah lakukan selama ini?” Cukup sudah menenangkan diri sendiri dengan harapan kosong dan janji tak pasti. Anda perlu mulai bertindak untuk mewujudkan apa yang Anda impikan. Jika tidak, harapan-harapan kosong itu malah akan membuat diri Anda frustasi.
  3. Bimbingan Yang Berlebihan – Bimbingan berlebih terjadi lantaran terlalu banyak meminta batuan pada orang lain tapi tak pernah bertindak untuk mulai melaksanakannya. Menganalisa tiap-tiap bimbingan, serta menunggu dan terus menunggu bantuan yang lain, dimana akhirnya malah jadi perangkap, yang justru membuat Anda tak segera bergerak untuk mengambil langkah. Bimbingan yang berlebihan ini juga jadi indikasi membiarkan orang lain mengambil tanggungjawab untuk Anda. Seharusnya Anda bergerak maju ke arah yang Anda inginkan dengan dorongan diri sendirig. Untuk melepaskan diri dari bimbingan yang berlebihan ini, Anda perlu kembali ke tempat dimana Anda memulai langkah pertama. Saat rasa takut timbul, terima saja! Pada dasarnya, kekuatan terbesar kita terletak pada pilihan kita dalam menghadapi rasa takut, menghadapai atau menghindarinya.
  4. Temukan Dukungan Yang Tepat Dalam Setiap Tahap Pertumbuhan. Kesuksesan pribadi tergantung pada bagaimana ketetapan hati Anda untuk menemukan kebutuhan belajar membuat irama dan lalu mendukungnya dengan koreksi dan feedback yang tepat. Kapanpun Anda butuh kemampuan baru, dengarkan kebutuhan dalam hati Anda dan temukan dukungan dari sekeliling dan diri Anda sendiri untuk mendapatkan sukses. (artb/erl) sumber :www.kapanlagi.com