Makan aneka ragam makanan sesuai dengan pedoman gizi seimbang yaitu dengan tinggi serat rendah lemak, tidak berkebihan, serta selalu memantau berat badan.

Sebaiknya makanlah makanan dengan memperhatikan sumber zat tenaga, sumber zat pembangun, sumber zat pengatur.

Makan makanan yang mengandung sumber karbohidrat setengan dari kebutuhan

Makan makanan sesuai dengan kebutuhan tidak berkebihan. Orang yang tidak bekerja keras membutuhkan lebih sedikit makanan dari pada yang bekerja keras

Menggunakan garam beryodium pada makanan agar terhindar dari penyakit gondok, kretin dan hambatan perkembangan tubuh dan kecerdasan anak

Makan sesuai usia, apabila sudah memasuki usia lanjut kita membutuhkan makanan lebih sedikit dan lebih mengurangi lemak, gula dll

Makanan yang sehat lebih banyak :

  • Buah segar dan sayuran untuk memnuhi vitamin, serat dan mineral
  • Ikan, kandungan kolesterol dan lemak lebih rendah daripada daging sapi
  • Kurangi makan garam, untuk menghindari resiko menderita hipertensi dan serangan jantung
  • Kurangi gula, madu, sirup dan coklat yang menyebabkan kegemukan
  • Kurangi lemak, untuk mengurangi resiko penyakit jantung

Source: promosikesehatan.com